Earth Day in UHM

Posted on Updated on

Hawaii dianggab sebagai negara bagian yang paling ramah lingkungan oleh para praktisi lingkungan di US. Hal ini salah satunya karena prinsip prinsip ramah lingkungan yang dimiliki oleh budaya Hawaiian seperti ahupua’a yaitu konsep hidup berdampingan dengan alam. Konsep ini menggabungkan antara mythology, ethnobiology dalam hubungannya dengan “aina” atau tanah dalam keserasian geomorfology dan manusia. Hawaii juga memiliki keragaman potensi hayati dan iklim yang paling eksotik di US. Ya meskipun juga dianggap sebagai pulau TPA alias tempat pembuangan akhir. Tak sedikit gerakan gerakan lingkungan di selenggarakan di negara bagian ini.

University of Hawaii at Manoa juga mengambil peran dalam upaya penyerapan sustainability dan pengajaran bagi mahasiswa dan masyarakat di Hawaii. Tanggal 18 April 2008, UHM menyelenggarakan Sustainability Fest dalam rangka memperingati Hari Bumi. Skema yang diambil cukup sederhana, mereka memberikan kesempatan kepada semua instansi, perkumpulan, lembaga, department baik internal UH sendiri maupun eksternal UH, untuk membuka stand dan memamerkan apa yang telah dan akan mereka lakukan. Untuk menarik perhatian pengunjung, panitia menyediakan pula semacam doorprize dan performance dari band lokal (Go Jimmi Go).

Banyak hal yang menarik dari perayaan Earth Day di UH ini. Salah satunya adalah Jus sepeda. Ini bukan sepeda yang di buat jadi jus, lalu di minum melainkan blender yang digerakkan dengan genjotan sepeda. Rupaya alat ini menarik perhatian anak anak untuk mencobanya dan mereka dapat imbalan segelas kecil jusnya.

Beberapa jepretan yang sempat saya ambil, penangkap solar energy (kiri) dan wind energy (kanan).

Saya sempat bicara dengan salah satu stand diacara itu, yaitu Hawaiian Electricity Company Inc, bisa dibilang PLN-nya Hawaii. Saat ini mereka masih menggunakan sebagian besar sumber energy dari fossil fuel (dalam hal ini minyak bumi) untuk mendapatkan menghasilkan listrik. Namun, menurutnya saat ini mereka juga mengembangkan geothermal, wind, hydro, solar dan ocean untuk pembangkitnya. Kebutuhan listrik di Oahu khususnya sangat besar, sehingga mereka melakukan dua strategy yaitu mengurangi demand dan menambah supply. Mereka mengurangi demand dengan melakukan kampanye hemat energy. Ikut sertanya dalam sustainability fest sendiri juga dalam rangka itu. Sedangkan penambahan supply menurutnya adalah supply energy pembangkit yang berasal dari bahan bakar non fossil fuel.

Wilayah kepualaun juga cukup menjadi kendala bagi HWC.Inc untuk mendapat supply dari pulau tetangga, sehingga mau tidak mau mereka harus mencukupi kebutuhan listrik di dalam sendiri dan membuat pembangkit di dalam Pulau Oahu. Menurut data tahun 2003, impor minyak yang dilakukan oleh Hawaii State 31% digunakan untuk pembangkit listrik, 61% digunakan untuk kebutuhan transportasi baik udara, darat dan laut, sedangkan 8% untuk kebutuhan lain (Hawaii Environmental Report Cord,2004). Ternyata memang kebutuhan energy di Hawaii paling banyak untuk transportasi dimana lebih dari separoh.

Hal ini mendorong sebuah perusahaan yang menyebut dirinya alohabike, untuk merancang motor yang memakai energy listrik. Sayang, saya tidak sempat memotretnya. Motor ini kecil saja, namun mampu berjalan 15 miles jika dicharge selama 3 jam. Menurut si perancang, penggunaan listrik dari motor ini hanyalah $ US 5 per bulan. Motor ini pula tidak menghasilkan polusi, tidak berisik dan mesinya sangat ramah lingkungan. Waktu saya coba naik, memang nyaman juga sih, lalu salah seorang wartawan mengambil gambar saya di atas motor, “Don’t be surprise if your picture is in newspaper tomorrow”, katanya sambil bercanda.

*) Rindrasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s